The Journey Begins

About Ashley. My Everything.

Rencananya…….

Pertengahan Januari kemarin, iseng2 gue bujukin si papi, buat nge planning cuti en jalan2 di bulan Mei.   Ngeliat kalender, ada long weekend (hari kejepit) di pertengahan mei, jadi cocok banget buat liburan, dan pas banget sama moment wedding anniversary kita yang ke 10.  Judulnya, mau second honeymoon, tapi berubah jadi rencana familymoon aja karena ada buntut yang mohon2 supaya diajak juga 🙂

Jadi di  weekend itu, kita samperin sales officenya Garuda . Waktu itu belum ada destinasi spesifik mau kemana,  masih galau antara Seoul, Tokyo atau Beijing.  Jadi gue pikir, cek aja lah kemana pun yang harganya promo dan paling murah

Di sana, setelah ngecheck berbagai schedule dan destinasi nya, si mbak CS dapetin harga promo, USD 409 nett untuk rute Jkt-Seoul. Aduh ga kebayang happy nya gue..  berasa worth it banget, naek Garuda, direct flight, full service, cuman 5jutaan, bahkan lebih murah dari AA (waktu itu ngechek AA harganya 4jt sekian which is setelah di total sama seat, makan dan bagasi jatuhnya juga 5 juta lebih).  Walaupun gak sesuai  sama  impian Winter-an en ngeliat salju di Nami, gue tetep excited banget kok untuk Spring -an di sana.

booking GA

Singkat kata, kita booking 3 tiket ke seoul, dan karena point Garuda miles nya papi banyak, untuk tiket papi bisa redeem miles, jadi cuman bayar dua tiket aja buat gue ama ashley. Bikin hati lebih happy lagi rasanya 🙂

Kita dikasih time limit sebulan, dan mbak CS sempet bilang, issued nya nanti saja kalo Visa udh confirm. Toh time limit masih lama dan tiket masih bisa rebooking kalo pun time limitnya abis.

Pulang dari situ, hati berbunga2 banget..  Karena ngerasa ‘aman’ udah booking tiket, gw pun dengan santainya mulai browsing itinerary, browsing hotel dan mulai nyiapin keperluan untuk apply visa.  Kayanya udh kebayang2 di depan mata, in the next three months we will come to Seoul..

Untuk sesaat, gue dah santai2 dan sibuk sama urusan kantor, juga persiapan ke Bandung tanggal 14 Feb besok. Beli tiket ke bandung, browsing hotel, sampe jahit gaun. Nah setelah semua urusan Bandung dah beres, gaun juga udah kelar dijahit, kemarin sore gw sempetin lagi ke Garuda, niatnya mau bayar tiket dan issued, pede aja kalo Visa nanti lancar lah *amin*  toh worst come to worst, kalo visa ditolak, tiket Garuda kan refundable, cuman kena charge USD 60/tiket.  Daripada udh beli AA trus visa ditolak, bisa nangis berhari2 kali tuh.

Nah ternyata, bagaikan petir disiang bolong *lebay*, ternyata, harga tiket gue dan ashley itu sdh berubah ke harga               normal, alias harga saat booking itu TIDAK MENGIKAT!!!   dan harga barunya? Udah USD 700an.  Lemes banget.  Yang tadinya cuman USD 800 berdua, sekarang udh hampir 2x lipatnya..  Mau nangis  saking keselnya..  Yah gue mana tau kalo harga tidak mengikat… sebagai orang awam, gue pikir udah booking yah udah aman..  total selisih harga nya 7juta lebih .. trus gue telp papi, dan si papi sih nyerahin semua keputusan ke gue..  kalo udah kepengen banget yah udh terusin aja katanya..

Setelah mikir dan mikir dan mikir *lama banget deh mikirnya*, gue memutuskan engga jadi bayar..  Secara psikologis,  buat gue, harga nya diatas budget alias mahal banget.. mending nunggu promo early bird atau travel fair kan.  Belum lagi kita harus beli tiket Dps-Jkt juga, karena promo itu untuk tujuan Jkt-Seoul, jadi bakalan super over budget kalo maksain beli.

Pelajaran yang gue dapet : Kalo udh dapet harga promo, langsung bayar aja, karena HARGA TIDAK MENGIKAT.. Suer gue kesel banget, berasa bodoh banget, kenapa dari awal gak kepikir buat nanya soal harga ini.. kalo dari awal gue tau, hari itu juga kan langsung bayar yah..  *sedih*

Yah jadi sementara ini planning liburan di hold lagi.. masih kesel en bete juga.. jadi gak semangat..  Papi ngajak ke vietnam aja , main di halongbay, cuman gw ngerasa kurang pas  kalo bawa anak kecil.  Trus kata papi, ya udh kalo gak kemana2, kita nginep di hotel bagus aja di Bali.  Cuman gue barasa rugi moment kalo ga kemana2, secara si papi itu susah banget kalo harus cuti, jadwalnya padat banget, nah sekarang giliran ada long weekend, kayanya rugi kalo gak dipake kamana2.

Let see deh..  *hiks-mewek lagi*

eci

14 responses to “Rencananya…….

  1. Mamana Clo February 4, 2015 at 10:50 am

    waaaa… tiketnya murah tuh… tapi kog mbak sales-nya ga bilang kalo harga bisa berubah 😦
    sabar ya.. ntar kalo udah waktunya pasti bisa pergi kog dengan jadwal dan budget yang cocok.

    gw kepikir pengen vietnam juga tapi iya sih.. ga cocok kalo buat anak-anak. shanghai disney mungkin buka pertengahan 2016 mei.. masih lama hahhaa.. tapi jadi bisa nabung dari skg.

    • ashleyprincess February 4, 2015 at 11:04 am

      itulah yang bikin gue kesel xiao.. kok ga diinfo ya ama salesnya..malah disuru nanti aja issued nya… yah gue kan percaya aja ama dia.. gw sampe nulis mssg ke fanpage nya garuda juga, dan memang harga yang berlaku yah harga saat bayar..hiks… kalo ke cina gue pikir ada happy valley di beijing xiao, ke korea ada everland/lotte, ke jepang ada disneyland.. iya sih skrg menunggu aja deh.. liat sikon lagi..

  2. Felicia February 4, 2015 at 11:07 pm

    Gw kalo pesen tiket ke indo pasti 6 bulan sebelumnya juga langsung bayar Mey, maksimal 2 minggu dari buking masih dijamin harga sama. Dan biasanya gw pake travel insurance & protection, jadi misalnya ada apa2 trus kita cancel ga jadi berangkat, duitnya masih balik utuh lagi. Yang th 2010 kita beli protection-nya tapi yang 2013 lalu kita bayar pake cc yang udah ada benefitnya itu. Kalo sampe batal trus duit ilang bisa nangis bombay juga secara muahal gitu 😛

    • ashleyprincess February 5, 2015 at 8:10 am

      iya biasanya gw kalo pesen online jg langsung bayar fel.. baru kali ini pesen via booking di sales office, makanya gue pikir beda, kirain udah booking berarti udah aman harga mengikat, selama masih dalam time limit.. ternyata salah.. kalo insurance di LCC kaya airasia, batal pergi /cancel, kayanya tetep angus deh uangnya.. kecuali maskapai yang batalin.. atau ada clausal yah yang bs refund gitu walaupun kita cancel?

      • Felicia February 5, 2015 at 10:14 am

        Gw beli tiket ke indo selalu pake travel agent Mei, malahan ga berani beli online karena nominalnya gede dan takut kena fraud :p
        Dia yang kasih tau maksimal berapa lama untuk harga segitu, supaya kita bayar sebelum harga berubah.

        Kalo yang travel insurance & protection kita emang beli terpisah Mei, gada hub ama airlines. Emang sih ga wajib (optional) tapi namanya pesen jauh2 hari, kita gatau yah apa yang bakal terjadi, apalagi jumlahnya lumayan gede ya buat kita (udah puluhan juta). Kalo yang 2010 kita emang beli ama salah satu asuransi gitu, kalo yang 2013 kemarin karena bayar pake cc yang emang khusus travel udah dicover ga perlu bayar lagi. Misalnya ada apa2 sampe kita yang batalin, asuransinya yang refund kita.

      • ashleyprincess February 5, 2015 at 10:42 am

        berarti kemaren si mbak Garudanya yah yang payah, ngga kasih info :(( malah disuru santai2 aja krn masih lama time limitnya 😦 oh asuransi terpisah ya fel, ya gue pernah baca jg sih, kaya AIA semacamnya gitu, beli terpisah ya.. good idea nih, nanti cb gw tanya ke sana, penasaran kalo gw beli LCC kaya airasia pas promo, tapi misal visa ditolak en gagal brangkat, ini tercover gak ya di insurance, nti gw tanya ah:)

  3. Yulia February 5, 2015 at 7:28 am

    ih itu murah banget lho mey.
    setau gw juga yg namanya ticket promo harus secepatnya issued. mana mungkin tunggu visa. hehe.. tp selalu ada hikmah kok mey pasti lu dikasih sesuatu yang lebih bagus 🙂

    • ashleyprincess February 5, 2015 at 8:13 am

      iya abis mbak nya yang bilang issued nya nanti aja, jd gue percaya aja en gak kepikir kalo harga bisa berubah.. .. maklum belum berpengalaman nih madam.. belum jodoh ketemu min ho :((

  4. Obrolan dari Bangka February 5, 2015 at 3:42 pm

    eh kok bisa gitu yak? kalo ada time limit berarti harga mengikat donk…. kan udah dibook, berarti harga udah diikat. Kalo lewat time limit, berarti ya kudu book ulang dengan resiko harga belum tentu sama. Oh ya terus masak sich time limitnya sebulan? Lamaaa amat… biasanya GA sebentar loh… ga lama.
    hehehe soalnya kerja di bagian tiket sich, jadinya bingung kalo dia bilang begitu.
    jadinya kemana ni holidaynya? hehe 🙂

    • ashleyprincess February 6, 2015 at 7:44 am

      nah tuh kan, pengertian booking = harga mengikat kan ya? gw jg ga ngerti, udah kirim massage jg ke fanpage Garuda, dan direply harga tdk mengikat, harga yang berlaku yang sekarang.. iya time limit dapet sebulan, pas booking 17 Januari, time limit s.d 16 Feb.. ga ngerti mgkn kebijakan sales office nya kali ya? holideinya belum tau nih jdnya kemanam yang deket2 aj kali 🙂

  5. oncelifetime February 6, 2015 at 3:18 pm

    Gua biasa beli tiket murah pas pameran travel di JHCC Mey (Indonesia Travel Fair). Tahun ini bakal diadainnya 14-16 Maret. Waktu itu ke Hk juga murah banget 300an USD plus cashback300 rb per cc bca (pakai aja beberapa cc hehe..). Terus kalau pameran dapat pula insurance gratis. Gua naik Malaysian Airline wkt itu, tapi kalau lagi promo begitu emang harus cepat, karena limited seat dan kelasnya kayaknya gak bisa dicancel or refund deh. Teman gua dpt ke Jepang kalau gak salah jg 400an wkt itu naik Garuda lho, jadi semangat ya… mudah2an dapat lagi tiket yang terjangkau:)

    • ashleyprincess February 20, 2015 at 1:00 pm

      Iya, waktu travel fair di bali gw jg dtg el. Waktu itu ada promo dps jpg 400an usd, tp belum kepikir ksana.malah jd bli tiket ke jkt aja. Kalo di jkt kan rame parah ya travel fairnya, di bali sepi loh.. ya nti smoga dpt deh kalo rejeki ya..

  6. leonyhalim February 6, 2015 at 7:53 pm

    Tenang tenang… rejeki gak akan kemana. Suatu saat akan dapet lagi. Sekarang liburannya diganti yg deket2 aja dulu asal bikin Ashley seneng 🙂

Leave a Reply

