The Journey Begins

About Ashley. My Everything.

Terlalu jumawa

Di suatu sore, seperti biasa gw nelpon ke rumah, buat ngecheck si eci pas pulang sekolah.
Dan kalo biasanya eci langsung menyambut telpon gw dengan suara cemprengnya dan cerita yang panjang lebar tanpa titik koma, kali itu dia nangis sesunggukan, dan cuman bilang “mami ,today is the worst day in my life!” (btw, eci emang lebay kalo ngomong nih, agak mendramatisir, sampe papinya sering bilang kayanya eci cocok belajar teater dan masuk IKJ 🙂 )

Gw bingung dong, makin ditanya, tangisan nya makin kenceng. Akhirnya telpon diambil alih sama oma, dan si oma juga bilang, gak tau knapa, pas turun dari mobil jemputan dan masuk ke rumah, si eci langsung nangis kenceng dan gak mau jawab apa2. Akhirnya gw minta oma tenangin eci dulu. Brp saat kemudian gw telpon balik lagi, eci masih sesunggukan, dan dia bilang dia cuman mau cerita ke mami kalo mami udah pulang nanti.
Abis nelpon jadi kepikiran, kenapa ya si eci. Apakah abis dimarahin gurunya? Apakah abis berantem sama temennya?  Dan gue makin kuatir, apakah dia abis di bully temennya? *amit2*
Singkat kata, sore itu gw pulang cepet2, sampe rumah jam setengah enam, begitu liat kita pulang si eci langsung meluk gue dan nangis lagi. Aduh, nyess banget ih, kesian banget. Gw sampe kuatir deh .
Di dalem rumah, kita tanya lagi baik2, eci kenapa. Dan sambil nangis, dia keluarin kertas dari tas nya, nunjukkin hasil ulangan mandarinnya, dan disitu tertera nilai : 40 ! ya, Empat Puluh!
Gw antara mau ketawa, terharu, kesian, lega, semua campur aduk jadi satu. Jadiii, “cuman” karena dapet nilai jelek, si eci jadi histeris gitu, dan merasa itu adalah her worst day.
Pas gue liat, ternyata itu adalah ulangan hari senin, yang mana saat weekendnya eci memang ga belajar, karena gue juga lupa kalo dia ada ulangan. Weekend itu, kita malah sibuk ngemall dan banyak acara, karena kebetulan juga ada ponakan papi yang dateng nginep dirumah.
Terus terang, selama beberapa bulan ini, sejak mulai resmi jadi anak SD, gw ngeliat engga ada kesulitan berarti yang dihadapi eci. Dalam artian, setelah dibagi progress bulanan untuk bulan agustus & september kemaren, eci lumayan banyak panen nilai 100. Jadi gw agak jumawa, bahwa ternyata si eci pinter en lancar2 aja, even kalo lagi lupa belajar dan ada test, dia juga bisa terus tuh. Hampir tiap minggu ada ulangan, apalagi kalo pelajaran English ama Mandarin, yang ada dua guru nya, Native & Lokal, pasti ulangannya banyak, karena bakalan ada test speaking,writing & listening nya. Dan so far, nilai paling jelek ya cuman tujuh puluh sekian- itu pun cuman satu atau dua (pelajaran bahasa bali ama mandarin). Sisanya ya pasti seratus atau sembilan puluh sekian.

Nah tiap hari kan kalo pulang kerja, pasti ritual nya tuh : ngurus eci, nyiapin dinner, berberes, ngajarin PR atau belajar, dan nidurin eci. Kalo eci udh tidur, kdg gue lanjut nyicil nyuci baju kalo pas air lagi lancar atau setrika, atau bikin makanan setengah matang biar besok pagi2 nya tinggal matengin ama nyiapin bekalnya cepet. Dan kadang2 , kalo  gw udah cape, proses belajar gw skip, krn gue pikir tanpa belajar pun eci pasti bisa lah:)   Intinya gue ngegampangin banget. Inilah akibat terlalu sombong a.k.a jumawa ya, kena batunya sekarang.

Si eci kayanya lumayan stress dengan nilai 40 nya. Dia sampe berhari2 selalu ngungkit hal itu, dia minta gw ngomong ke laoshe nya supaya eci dikasih second chance katanya. Hahaha. Trus dia nanya , gimana supaya nilai 40 itu engga muncul di raportnya nanti, karena dia engga mau ada nilai itu. Dan yang terparah, dia langsung bilang, i hate mandarin, mami.

PR kita adalah, supaya eci engga patah semangat. Di satu sisi gw seneng karena artinya dia punya kesadaran untuk belajar dan dapat nilai bagus, di lain sisi gw juga engga mau dia terlalu ambisius dan terlalu berfokus sama nilai akhirnya. Kita berusaha ngejelasin, bahwa nilai jelek itu kan bukan akhir dari segalanya. Bahwa wajar aja kalo sekali2 kita dapet nilai jelek, dan pasti semua anak pernah ngalamin dapat nilai jelek. Itu artinya kita kurang persiapannya saat mau ulangan dan harus lebih baik lagi kedepannya. Bahkan kadang2 saat sudah belajar pun, masih mungkin kok kita dapat nilai jelek, tapi selama eci yakin sudah berusaha yang terbaik, apapun nilainya harus kita terima.
Kita juga jelasin kalo nilai itu tetep akan muncul di report bulan Octobernya nanti, memang itu nilai eci, jadi harus eci terima. Kedepannya masih akan banyak sekali ulangan2 kan, dan eci pasti bisa lebih baik lagi. Trus gw juga say sorry karena ngga sempet ajarin eci pas kemarin mau ulangan itu. Kita sama2 janji, mulai sekarang saling ngingetin, kalo mami lupa eci yang akan ingetin untuk belajar , dan kalo eci lupa mami juga akan ngingetin.

Eci juga sempet galau, dia bilang, laoshe suka ngajak eci ke ruang guru terus ajak foto2  selfie mi.. sekarang pasti laoshe engga suka lagi sama eci karena eci dapet nilai jelek . hehe. Krisis pede banget yah si eci ini.

Nah kemarin kayanya si eci udh be-rekonsiliasi sama laoshe dan pelajaran mandarinnya. Pas pulang sekolah dan gw telpon, suaranya happy banget sampe nyanyi2 segala, dan kali ini dia bilang, today i’m so happy, mami, laoshe is smiling to me all the time.    Hohoho. Ternyata hari itu si eci disuru maju dan speaking mandarin, dan menurut si eci, dia bisa ngomong dengan lancar en kenceng, jadi laoshe senyum2 terus ama dia.

Ciayo eci.. keep your spirit up ,Princess  *muahh*

ashley

eci2

15 responses to “Terlalu jumawa

  1. leonyhalim October 15, 2014 at 1:21 pm

    Anak jaman sekarang rasa kompetitifnya makin tinggi ya. Tapi tenang gue jg dulu parah pas kelas 2 SD. Pernah gue nangis krn gue dpt 90 krn gue berasa bodoh kurang teliti. Berarti parahan gue drpd Echi ya hahahaha. Untung baru SD, kalo SMP masih begitu malah lebih gawat. Jaman skrg pressure lbh tinggi lagi dan ngerinya takut menghalalkan segala cara spy nilai bagus. Jd kudu banyak doa aja deh biar anak enjoy sekolah.

    • ashleyprincess October 15, 2014 at 1:33 pm

      hahaha. gw malah pas SD engga pernah belajar, en engga pernah dapet rangking. baru pas smp dst aja jadi sadar en mau belajar 🙂 iya anak sekarang kesian ya, pressure nya tinggi 😦 gw jg berusaha spy eci enjoy sama temen2 nya, sama miss nya, sama aktivitas nya, intinya sama proses belajarnya, jadi bukan melulu ke nilai..

  2. Mamana Clo October 15, 2014 at 2:01 pm

    hahhaa.. kompakkan nihhh.. clo1 ada ujian mandarin yang nilainya 40 tapi dia sih santai2 aja tuhhh…

  3. Obrolan dari Bangka October 15, 2014 at 2:27 pm

    hihiihih lucunyaaa..kita udah mikir kenapa2 ya, taunya “cuma” gara2 nilai ulangan aja. tapi sukurlah kalo udah balik ceria lagi.

  4. limmy mama radhika-rania October 15, 2014 at 3:28 pm

    hahaha eci eci…dirimu lucu bgt sih.
    si dhika dapat nilai jelek cuek2 saja tuh. emaknya yg mikirin tu nilai jelek seharian anaknya mah cuek santai beibeh.

  5. Clarissa Mey October 20, 2014 at 3:04 pm

    haduh ikutan lega ce dengernya, kirain dia kenapa2 di sekolah sampe stress, untunglah hanya masalah nilai 🙂 semoga makin pinter dan semangat sekolahnya ya Eci, moga ga nangis2 dan stress lagi hanya karna nilai jelek 🙂
    fotonya Eci bener2 cuteee :* :*

  6. Yenny October 28, 2014 at 1:06 pm

    hehehe Eci bersemangat banget ya
    Engga apa, yang penting Eci ga putus asa ya Mei
    Cia Yo, Eci… *hugs*

  7. oncelifetime November 2, 2014 at 9:00 pm

    Good sidenya Eci hebat ya, ada self awareness jadinya mami gak usah capek-capek omelin haha…

  8. Elrica December 14, 2014 at 1:30 pm

    Gw kok ga ada hawa hawa kompetitif kayak eci ya? Hahahah..nilai matt gw dr sd sampe sma jelek melulu tapi gw tetep santai aja.. Bagi sisi ambisius mu dikit dong ci..

Leave a Reply

