The Journey Begins

About Ashley. My Everything.

Hongkong-Macau Trip 17-22Nov : Part #2 : Ngongping Village, Giant Buddha

Day 1

Pesawat Tiger Mandala yang membawa kita ke tempat impian, berangkat on time hari Sabtu tgl 16 Nov jam 23.35 dari terminal 3 bandara Soetta. Pas udah duduk dipesawat, gw keluarin antimo buat gw dan papi, bekal buat bisa tidur nyenyak selama perjalanan. Eci, yang udah teler, langsung tidur bahkan sebelum pesawat take off. Lama perjalanan sekitar 4 jam 40menit, dan kita mendarat sekitar jam 5 pagi waktu setempat.

Walaupun masih pagi, ternyata imigrasi lumayan antri , hampir 45menit untuk lewatin imigrasi. Setelah itu kita ambil bagasi dan stroller (gw khusus beli stroler yg ringan en murah meriah, merk pliko, harga 400rb an, buat antisipasi kalo eci kecapean jalan. Pdhl dari bayi eci gak pernah pake stroller, sampe dua stroller nya yg jaman baby udh dilengserin ke keponakan)

Perasaan gw saat nginjekin kaki di HKIA? Bahagia banget. Biarlah dibilang norak or lebay, abis gw beneran happy sih.. terharu aja akhirnya kita beneran nyampe di HK ^^

@HKIA
arrival 1

Beres urusan bagasi, kita nyari counter tempat beli octopus card, untuk beli si kartu ajaib itu. Harga octopus card HKD 150 adult dan HKD 70 child, dengan refundable deposit HKD 50. Beli kartu Octopus di counter Airport express yang cukup mudah ditemukan. Abis itu, ke toilet dulu buat cuci muka, bedakan, en rapi2in baju biar okeh kalo difoto #narsis mode ON#

Selesai semuanya, masih jam 6.30 pagi, jadi kita mutusin buat breakfast dulu di Mc D . Kita pesen 3 paket breakfast yang isinya burger, hash brown sama hot tea, harga per paket kira2 HKD 40an (lupa).

bfast

Kira2 se jam an nongkrong di MCd, liatin orang lalu lalang, ngumpulin tenaga, akhirnya kita ready lanjut ke itinerary kita hari itu. Ngongping 360 & Giant Buddha , plus shopping di Citygate Outlet. Semuanya di Lantau Island, deket dari airport

Dari airport , kita naik Airport Bus S1 ke Thung Chung bus terminus, yang letaknya pas disamping mall Citygate outlet. Begitu keluar airport ke tempat shuttle bus, keliatan plang nomor2 Bus, jadi gampang untuk nyari dan nunggunya. Gak sampe nunggu semenit, bus S1 nya datang dan kita langsung naik. Bayar pake Octopus card. Belum sempet si papi naro koper, bus nya udah tancep gas lagi, gw ama eci yg belum duduk jg langsung pegangan. Buset deh, ternyata bener sopir bus di HK itu jago ngebut, mirip sama supir kopaja en metromini di jakarta.

Perjalanan ke Thung Chung lumayan deket, cuman 10 menitan. Turun bus, kita jalan utk masuk ke citygate mall, karena kita mau nitip koper di locker service nya. Outlet2 di dalem mall masih pada belum buka, tapi mall nya sendiri udah rame. Locker service berada di level B2-B3, tinggal turun ke basement nya. Tarif HKD 40 untuk locker ukuran besar selama 3 jam, dan bayar bisa pake octopus card.

locker

Abis titip locker, kita menuju ke loket penjualan tiket cable car, yang lokasinya berada di samping terminal bus. Tadinya gw ud siapin Plan B, seandainya kita kepagian dan loket cable car belum buka, maka gw mau naik Bus no 23 aja untuk ke Ngoping Village, baru pulangnya naik cable car. Jam buka loket nya, berdasarkan info di web sih jam 9 pagi (kalo weekend), tapi pas gw kesana, belum jam 9, loketnya udah buka dan masih sepi.

#gak ada antrian di loket

Begitu di loket, si papi nyuruh beli tiket yg crystal cabin, demi pengalaman katanya. Pdhl bedanya lumayan juga antara standar cabin en crystal cabin. Akhirnya gw pilih yg combine aja, perginya pake crystal cabin (dengan alas kaca transparan, jd nambah sensasi katanya), pulangnya naik standar cabin.

cable car 1

Kita satu cabin dengan dua penumpang cewek asal filipina. Mereka baik banget, berkali2 nawarin apakah kita mau difotoin bertiga. Sekali dua kali kita mau difotoin, lama2 malu juga kan kalo terlalu jelas narsisnya.. Giliran kita nawarin balik, mereka berdua emoh ga mau difoto dan cuman ketawa2 aja.
Lama perjalanan cable car kira2 40 menitan deh , ngeliat pemandangan pulau lantau, ngelewatin jurang, tebing, gunung, lebih seru dan lebih lama daripada naik cable car di genting.

Gw liat si papi en eci sih baek2 aja selama perjalanan, gak ada yg nervous, gak ada yg pucet, malah ketawa2an aja tuh (soalnya papi eci biar badannya gede, tapi gampang pusing kalo liat ketinggian hehe)

# didalem crystal cabin, lantai kaca transparan

cable car 3

cable car 2

Ohya pas masuk ke cable car, kita kan difoto, nah pas sampe di Ngongping , foto2 kita udah jadi dan dicetak, kita ditawarin nebus, paket yg paling lengkapnya HKD 400an, udah dapat foto, key chain, bola salju yg isi foto kita ama frame. Tapi pas liat hasilnya ga bagus, pose nya kurang oke, masih bagusan foto di camdig, jadinya gw gak nebus deh.

Sampe di Ngongping , karena masih pagi, lumayan masih sepi. Jadilah kita jalan2 santai di ngoping village, untuk menuju ke lokasi Giant Buddha. Udaranya sejuk-sejuk gitu, enak banget fresh. Ada toko suvenir, kita mampir masuk dulu. Nemu 7/11, mampir beli camilan ama minum. Liat tukang popcorn, beli popcorn dulu. Lewatin penjual jam2an, eci minta dibeliin jam. Nemu toliet, ganti2an masuk. Liat replika2 cable car dari berbagai negara, eci narsis minta difoto2 . perasaan lama banget ga nyampe2 ke Giant buddha nya …

cable car 5

cable car 6

sampe lama2 kok ud berasa panas nih, ternyata udh lewat jam 11 siang, en situasi jadi ramee bgt, sampe mau foto2 lagi aja susah, kanan orang kiri orang. Mau pose dimanapun susah nyari angle nya soalnya kanan kiri kena kefoto orang lain. Akhirnya gw bilang papi, ayo cepetan jalannya, ntar makin rame makin ga enak kan, mana makin panas pisan. Banyak rombongan2 turis korea atau cina gitu, yg sekali dateng ber bus2, pokoknya rame banget ih..

Finally, sampe juga ke giant buddha…

liat tangga nya?
giant buddha

Konon jumlahnya 268 . Hmm ngebayanginnya capek bgt ya, tapi ternyata gak berat2 amat kok, masih lebih capek waktu ke GWK buat liat patung Dewa Wisnu. Eci aja cepet kok naiknya, ngeduluin gw ama papi, sampe teriak2, come on mami, faster, you can do it.. šŸ™‚

Finally ,sampe juga diatas, foto dulu…. yeayyy.. kami sampai diatas niiiih… walapun ngos2an en ga bisa napas..

Camera 360

cable 9

cable car 8

Abis foto2, kita masuk ke dalamnya, ternyata itu banyak foto-foto orang yg udah meninggal, jd semacam kaya rumah abu ya… akhirnya kita gak lama liat-liat disitu, buru2 keluar lagi. Oh ya sebelum naik ke Giant Budha, ada loket yang jual karcis, tapi ini sukarela kok, karena masuk giant buddha itu free, jadi kalo beli karcis itu buat donasi aja, en dpt dituker sama lunch or snack vegetarian. Kalo ngga mau beli, langsung lewat aja gak ush berhenti di depan loketnya.

Setelah foto2 en istirahat diatas, kita turun deh mau balik ke citygate, sekalian lunch di food republicnya..

On the way balik, eci udah duduk di stroller, udah kecapean, dan begitu masuk ke cable car, eci langsung tidur pules di stroller. Untung pulangnya naik standar cabin ya, kalo naik crystal cabin lagi kan rugi, udah mahal da kita juga udah kecapean. Kita cuman bertiga aja di dalem cable car, gue ama papi juga sempet ketiduran sebentar2, efek capek en ngantuk juga karena malemnya kan kurang tidur.

Pas balik ke mall, ya ampun itu ngeliat antrian yang mau naik cable car, kaya ular naga panjangnya. Serius deh, kalo gw liat antrian itu pasti nyerah duluan, ga kebayang aja wasting berjam2 buat antri beli tiket, trus antri lagi buat naik cable carnya.

Sampe di citygate mall, langsung ke food republic, lapeeer.. Kita beli makanan japanese yg yummy banget2.. si papi beli menu pork #non halal, gw beli chicken. Harga nya sekitar HKD 50an per porsi. Si eci dibangunin ngga mau, pules banget.

20131117_124636

20131117_125555

Kelar makan, waktunya ngiterin mall buat shopping2..
Liat esprit, masih lumayan mahal, murahan beli di FO sini. Yang bener2 murah itu Giordanonya, si papi beli jeans 2 cuman HKD 300, alias 450rb. Gw beli cardigan 2 , krn lagi masuk winter, cardigannya lucu2 en byk pilihan. Ngubek2 citygate, eci tetep tidur pules . Sampe sore, ampir jam 4an, si eci baru bangun dan kelaparan. Karena masih ada stock sandwich ham and cheese yang beli di 7/11, dia langsung makan sandwich nya abis. Ditawarin makan yg lain ga mau. Kelar belanja, kaki lemes, kita balik ke locker service buat ambil koper. Karena udh lewat dari 3 jam, ada additional charge nya, kayanya HKd 20an. Nah pas mau ambil locker itu, di layar mesinnya gw kepencet apa gitu, jadi keluarnya bahasa mandarin. Ya gimana coba, bingung deh mau pencet apaan. Lagi bingung2 gitu, dibantuin sama dua cewek muda kaya cherrybelle, yang lagi antri dibelakang gue. Ama mereka dipencetin deh baru menu nya balik ke english. Ih bikin malu aja nih gue.

Kelar ambil koper, selanjutnya ke station MTR yang berada di mall citygate . Dari Thung chung tujuan ke Wanchai di HK island, tempat kita menginap d JJ hotel. Dari Thung Chung kita berhenti di HK station, terus ganti line yang ke arah HK island dan turun di Wanchai.

Dari wanchai, kita nyari exit A3. Kalo dr print an google map sih cuman jalan 7 menitan. Tapi namanya kita baru, baca sikon sekeliling kok makin bingung. Keluar station masih bengong2 gitu. Baca walking direction dr map, disuru ke kiri, tapi kok ga yakin, apa iya kiri ga ke kanan ya? Disuru lurus, kok bingung jalanannya masa begini sih. Trus kok ada perempatan kecil pdhl di map ga keliatan . Disuru lurus ke jalan xxx tapi kok panahnya jalan xxx itu ke kanan. Akhirnya ya nyasar2 juga masuk ke pasar buah.. nanya2 ke beberapa orang, sampe ketemu cewe muda yg pinter, dan dia ngasih tauin jalan yg bener.. ternyata emang beneran cuman ke kiri en lurus aja, jalan kaki gerek koper en dorong stroller, sampe deh di JJ hotel .. Review JJ hotel ud gw tulis di tripadvisor, sapa tau membantu kan buat yg butuh.. secara gw nyari hotel jg ngandelin review orang2 juga ..

Kelar check in, mandi, ngaso sebentar.. disamping hotel persis ada yoshinoya, jd kita mutusin dinner disana aja, baru lanjut ke Time Square mall.. Dari wanchai ke Timesquare di causewaybay, jalan kaki santai sekitar 15 menit. Eh pas lagi jalan itu, gw nemuin Hui Lau shan- healthy dessert, the famous mango puding shop.. Bahkan supplier gw yg orang mainland, berpesan kalo gw kudu nyobain ini kalo pas ke HK. Ya udah langsung masuk dong, nanya sama si aie yg jualan, menu apa yg paling okeh. Gw nanya pake english, si aie jawab pake mandarin. Yang penting kira2 ngerti maksudnya ya hehe

Pas dessertnya keluar, bentuknya kaya jus mangga dipakein moci ama es krim mangga. Rasanya? Yaaah gak seperti yg gw bayangin. Biasa ajaaa.. enakan juice mangga harum manis mateng pohon yg gue suka buat dirumah. Atau gw salah pilih menu kali ya? Tapi kan si aie yg pilihin menunya. Pokoknya ngga berkesan ah. Mangganya manisnya nanggung, gak legit, en rada encer. Mahal pula segelas itu HKD 60.

mango

Abis itu kita lanjut jalan sampe di time square mall. Lagi ada dekorasi natal, jd foto2 lagi deh. .

timesquare1

timesquare 2

timesquare 3

mall nya sendiri sih ya sama kaya mall2 mewah di jakarta #gak ada yg kebeli juga, gw cuman mampu beli diskonan dan bukan high end brand pula hehe# Jadi abis kelilingan mall, balik deh ke hotel.. on the way back, lewatin kaki lima jualan buah2 gitu, gw beli anggur seadless sekilo, murah sih, cuman hkd 12. buat bekal cemilan di hotel. Trus menjelang sampe hotel, mampir lagi di 7/11, nyetok camilan, mie cup, sandwich, coklat, minuman juice2an ama air mineral

Sampe hotel jam 11 maleman, tepar.. eci gak pake lama, abis dibersihin en digantiin baju tidur, naek ranjang langsung pules. Sebelum tidur, gw gantian ama papi, pijet2an betis pake counterpain. Btw, cuonterpain, balsem, dan koyo is a must loh. Sama pentingnya sama bawa duit #hiperbol. Karena berasa banget, kita seharian jalan, malamnya tuh kaki udah kaya mau copot. Jadi dipakein yang anget2 gitu membantu banget. Abis itu kita bobo deh. Ready for next day, the big day, disneyland ^^

11 responses to “Hongkong-Macau Trip 17-22Nov : Part #2 : Ngongping Village, Giant Buddha

1. Mamana Clo December 4, 2013 at 6:09 pm

Daging di burger ga dimakan tuh ama eci? hiihiii.. ga doyan ya?

Waktu di ngongping, gw tebus tuh fotonya buat kenang2an hahaa… tapi yang photo only, gak pake souvenir lain trus bisa minta file foto-nya dikirim ke email. Giant Budha-nya jauh ya? dulu gw ga lanjut kesana karna udah kesorean. Sama tuh, pulangnya pesen standard cabin tapi antri masuk kabinnya puanjanggggg banget akhirnya upgrade tiket ke crystal cabin lagi biar ga antri terlalu lama hehee…

• ashleyprincess December 5, 2013 at 1:37 pm

iya xiao dia ga doyan dagingnya.. buat papinya deh ^^ Oh lu ud sampe ke ngoping, tanggung amat ya xiao.. ga jauh juga sih, cuman kita lelet aja jalannya..

2. jesiccanastasia December 4, 2013 at 6:59 pm

eciiii.. iie dd kangeeeen deeeeh..
    kog makan burgernya ga pake beefnyaaa? *lirik mami eci*

aku mauuu kesanaaaa.. nunggu jedi gede kali yah ci baru kebayar nabungnya? hihihi

3. jesiccanastasia December 4, 2013 at 6:59 pm

eciiii.. iie dd kangeeeen deeeeh..
    kog makan burgernya ga pake beefnyaaa? *lirik mami eci*

4. lisa December 4, 2013 at 7:31 pm

Eci berani ya, itu naik crystal cabin mukanya lucu, engga keliatan takut:p

5. Ariany December 5, 2013 at 9:18 am

nyimak dulu.. semoga suatu saat bisa kesana juga.. ^_^