The Journey Begins

About Ashley. My Everything.

Hongkong-Macau Trip 17-22Nov : Part #1 : Summary

Tiket  Tigerair-Mandala  Dps- Hk via transit JKT , gue beli pas bulan Agustus. Total harga tiket  Rp 8jt untuk bertiga (udh termasuk beli seat, beli bagasi 20kg, insurance, dan admin feenya Rp 660rb. Btw sampe skrng gw masih penasaran kenapa tuh admin fee mahal pisan)   Fyi, Tiger air Mandala adalah satu2nya low cost carrier (LCC)  yang terbang langsung  dr Jkt ke HK (rute baru ini kalo ga salah baru mulai dibuka bulan July kemaren) .  Jadi buat yg pengen naik budget airline tapi ogah transit di KL (airasia) ataupun Sing (jetstar), pilihlah tigerair mandala ini #ikut bantuin promo spy ga bangkrut lagi si mandala.

Tahap pemilihan hotel adalah yg paling sulit en ribet. Krn gw sbg istri  pelit  bijak, sangat selektif dalam memilih hotel. Yg penting bersih, strategis, dan kamarnya lumayan luas (krn hotel di HK katanya kecil2 ya, bahkan Ibis aja cuman 13-15m2  cuy), dan murah, murah, murah dan murah, pokoknya murah.   Masalahnya tuh, si papi eci udh keseringan bgt  nge trip dgn segala fasilitas kantor yang okey punya, jd gw takut aja dikomplain kalo dikasih hotel yang seadanya. Padahal gw jg kan kudu maintain budget ya. Akhirnya ya dr awal gw ud ancem si papi, pokoknya ga boleh protes sama pilihan gue. Hasil brosing pencarian hotel, gw menemukan satu hotel yg cocok di kantong, dan punya review yg oke banget dr tripadvisor, bahkan terpilih sbg “traveller choice 2013”.Yup, namanya JJ Hotel di Wanchai.  Ada yang bilang hotel ini sbg “hidden gems” , yah buat gue sih statement itu lebay ya hahaha.  Hotelnya ajaib,  ga punya lobbi , dan terletak di lantai 9-12  di gedung bernama Lucky centre. Gw liat kamarnya sih ok, lumayan spacious, dan harganya ramah dikantong, gw booked 2 malam disini (untuk malam kedua dan ketiga, sedangkan malam pertama nginep di pesawat 🙂) dengan harga HKD 1600 (Rp 2,4 juta).  Malam keempat, gue booked Hotel Metropole di Macau dengan rate HKD 1000 (rp 1,5jt). Metropole hotel gw pilih karena lokasinya, cuman 3 minutes walking to Senado Square.    Malam kelima, gue booked di Novotel Nathan Road , Kowloon, dapet promo Accor private sale jadi cuman bayar HKD 1100 (rp 1,65jt). Malam keenam?  Nginep di bandara HKIA dong, secara flight pulangnya nyubuh #nasib naik LCC, tapi gue relaaaaa kok#  Ga mungkin juga nginep dihotel krn jam 3 subuh ud kudu check in.

Beres urusan tiket ama hotel, baru deh nyusun itinerary. Hari gini, malu dong ah kalo ga berani ke HK tanpa tour #padahal sih ngirit#.  Selama ini paling jauh cuman ke Sing, Malay sama Bangkok (dan ga pernah ikut tour kok), jd sempet kuatir juga kalo di hk bakalan nyasar2.  Nti gue sebagai tour leader bisa dikomplain papi dan eci dong. Tapi ternyata, informasi tentang HK itu sangat mudah didapetin di internet. Browsing , browsing, browsing, dan browsing, en banyak tanya2 ke temen2 yang udh pernah kesana (termasuk nanya ke mama clo dong). Thanks to all the traveller blogger, yang udh nulisin detail perjalanan mereka dgn sangat amat teramat lengkap, gue yg tdnya cuman tau kalo hongkong adalah hongkong, tiba2 aja jadi pinter dan tau kalo hongkong terdiri dari pulau2, diantaranya hongkong, kowloon dan lantau.  Gw jd hapal jurusan MTR dr hotel ke tempat2 wisata yang gw pengenin.  Dan gw juga donlot itu trayek bus dgn rute2 yang dilewati.

Untuk uang cash, gw tuker di jakarta (di sebrang mall gading), bbrp jam sblm berangkat ke airport. Dapet rate 1500, mayan dibanding  nuker di Bali, yang ngasih rate 1570-1580.  Uang cash kita cuman berbekal HKD 4000 aja, utk makan, transport  ama oleh2.

Tiket obyek wisata smua gw beli pake CC (biar bs bayar bulan depannya^^) . Perincian tiket selama trip kita adalah sbb :

 *) Tiket disneyland, Adult HKD 450, Child HKD 320 total HKD 1220 (Rp 1,9 juta)

*) Tiket ferry HK-Macau  HKD 462 dan Macau- Kowloon HKD 426

*) Tiket Ngoping- Skytrain   PP (crystal cabin + standar cabin) HKD 503, ini lupa perhitungannya, kalo di web sih  adult HKD 210, child HKD 135 , jd harusnya HKD 555. Tapi yg gw bayar di loket cuman HKD 503

*) Tiket Maddame Tussaud combo (tram pp + maddame tussaud+ sky terrace) Adult HKD 280, child HKD 173, total HKD 733

Smua bukti booking hotel , tiket, itinerary , gw simpen di HP, jd gampang ga ribet keluar2in kertas. Tinggal tunjukin aja screen capture yg ud di save . Kita berangkat cuman bawa 1 koper besar (ukuran 20-25kg), 1 tas backpack si papi (buat naro baju ganti, en camilan2) dan tas gue (buat naro dompet,paspor, hp, camdig, tissue dll).    

Kira2 spt diatas itu rekap summary nya.. detailnya gw coba tulisin , mumpung masih fresh diingetan..

 

*) to be continued #biar kesannya keren#

4 responses to “Hongkong-Macau Trip 17-22Nov : Part #1 : Summary

  1. lisa December 3, 2013 at 7:18 am

    Mae, mana lanjutannya.. ditunggu ya.. hehe

  2. Mamana Clo December 3, 2013 at 11:14 am

    gw ikutan excited baca cerita kalian ke HK hahahaa… selesai baca gw langsung buka2 web LCC ngimpi jalan2 lagi :p
    ke legoland yukk yukk yukk.. waterpark-nya udah buka, hehee…

Leave a Reply

