The Journey Begins

About Ashley. My Everything.

Selamat Jalan, Popo

Popo gw udh berpulang ke surga tgl 30 May , dan kemaren baru aja dikuburkan di Pondok Rangoon.  Setiap inget popo, air mata gw lgs mengalir, msh sedih bgt karena kehilangan ini.  BUkan krn gw gak rela,  tp karena gw sedih ga akan bisa lagi ngeliat popo, atau dengar suara nya lagi.

Popo meninggal dlm usia 75 tahun, meninggalkan 4 orang anak, 3 orang menantu, 11 cucu dan 2 cicit. Meninggalnya begitu mendadak, sehingga kita smua masih gak percaya kenyataan ini. Slama ini walaupun sdh tua, popo sehat dan engga pernah sakit yg berat2.  Beberapa hari sebelum meninggalnya, popo sempat sakit muntah2 dan pusing, dan krn dianggap masuk angin biasa, popo cuman minum obat bebas aja en dikerokin, dan kondisinya kmdn membaik. Sabtu pagi 30 May, bangun tidur popo masih sempat baca koran, mandi dan cuci rambut. kemudian popo minta sarapan, dan pembantu mulai menyiapkan/memanaskan sayur. Beberapa menit kemudian, saat pembantu masuk kamar, popo udh dlm kondisi kejang dan mata tertutup. Om gw langsung memberikan pertolongan awal, dan memanggil smua anak2 popo utk dtg (kebetulan smuanya tinggal berdekatan, om gw, tante en nyokap).  Popo dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun sdh tdk ada respon lagi, dan dinyatakan meninggal.

Sabtu pagi itu, pertama kali dpt kabar dr adik sepupu gw, si dede. Dia menelpon gw bilang popo lagi gawat, kejang en ga sadarkan diri. Gw lgs lemes en berdoa. Gak berapa lama , 10 menit kemudian, adik gw nelpon sambil nangis histeris, kasih tau klo popo udh ga ada. Gw lgs nangis sejadi2nya, bahkan ashley yg lagi tidur lgs bangun en ikutan nangis kenceng bgt krn kaget kali ya.

Bener2 gak ada tanda atau firasat apa2.  Popo emang selalu bilang, klo meninggal inginnya secara mudah, ga mau sakit apalagi sampe di rawat segala.  Dan Tuhan menjawab keinginan Popo.

Sewaktu muda dulu, Popo menjalani kehidupan yg sangat berat, krn suami popo-kungkung gw- udh meninggal saat anak2 popo masih kecil, yang tertua, tante gw saat itu blm 10 thn. Dengan 4 org anak yg msh kecil, popo berjuang luar biasa utk bisa survive. Popo bener2 wanita yang kuat. Salah satu anak popo, Om gw, bahkan berhasil kuliah sampe S3.  Semua perjuangan popo bener2 ga sia2, krn ke 4 anak popo bisa hidup layak, dan di hari tuanya, popo bisa ikut menikmati kebahagian krn dikelilingi oleh anak cucu nya.

Popo adalah tipe nenek yg deket bgt ama cucu2nya. Semua cucu2 popo masih selalu dtg untuk maen en berkunjung ke popo, hanya gw aja yg udh jarang krn udh tinggal berjauhan. tapi popo masih sering nelpon ke handphone gw, dan gw bener2 nyesel ga sering2 nengokin popo.. Gak ada bayangan klo popo bakal pergi secepat ini.

Terakhir kali popo telpon waktu gw ultah, gw masih inget bgt suaranya, pesan2 en doa2 popo di hari itu.

kenangan gw akan popo banyak bgt, krn waktu gw kecil dulu, setiap pulang sekolah gw akan maen di rumah popo, krn mamapapa buka toko. Bahkan sampe SMA aja, popo yang gw ngambilin raport en ngadep kepsek klo gw buat masalah (knr sering telat, jd dulu suka dipanggil kepsek). Bukan krn nyokap gw ga mau,  tp nyokap gw saat itu sering fertigo/sakit kepala, en sakit kaki nya jd susah klo harus ke keramaian. Waktu kuliah pun, jaman kerusuhan 1998, popo gw pernah jemput gw ke kampus krn kuatir.  Popo bener2 sayang ke semua cucu2nya. Popo juga aktif, supel en banyak bgt temannya, dr yang muda sampai tua.  Banyak bgt kerabat yang nganter popo ke peristirahatan terakhirnya, sampe puluhan mobil yang ikut mengantar.

                                                                         

Selamat jalan ya Popo sayang

Kesedihan ini pasti berlalu,

karena waktu akan menyembuhkan..

Matahari akan tetap bersinar

dan bumi terus berputar

Tapi kenangan kami akan Popo, selamanya tak akan terlupakan

tersimpan manis di setiap hati kami

Terimakasih Popo buat semua kasih sayang yang Popo berikan

Beristirahatlah dalam damai bersama Tuhan Yesus di Surga

We all love you, Po..

 

In Memoriam of  Popo Lidya Widjaja

22 April 1934 – 30 May 2009

21 responses to “Selamat Jalan, Popo

  1. shanni June 4, 2009 at 12:29 pm

    my deepest condolence ya Mei…

    gw tau banget popo lo orangnya asik banget 🙂 jiwa muda banget :p gw yakin popo lo sekarang bahagia disisiNya dan gw turut mendoakan semoga semua yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan ya…

    be strong ya Mei 🙂

    • ashleyprincess June 4, 2009 at 5:54 pm

      Iya shan, popo gw biar tua tapi funky, makanya cucu2nya bisa nempel ama popo..
      Thanks ya shan

  2. Felicia June 4, 2009 at 3:07 pm

    turut berduka cita yah mei…semoga keluarga yang di tinggalkan tabah 🙂 pho2 loe pasti udah menjalani kehidupan kekal di sisi Bapa 🙂

    duh gw sampe ngelap2 air mata euy..teringat sama 1 pho2 gw yang sekarang umur 82 dan 83 moga2 mereka sehat2 terus 🙂

  3. michelleangelee June 4, 2009 at 3:10 pm

    Mei, moga2 keluarga yang ditinggalkan tabah ya…Umur popomu lumayan tuh 75 th, pastinya damai juga kog berpulangnya ya… dan smoga beristirahat dalam damai bersama Tuhan Yesus yach….

    • ashleyprincess June 8, 2009 at 12:58 pm

      Thanks Yol. Komen nya ke skip td masuk di pending approval. krn pake email id kali ya, jd ga lgs muncul. Amin, thanks ya

  4. luvly7 June 4, 2009 at 4:15 pm

    Turut berduka cita ya Mei … duh, sedih banget gue baca postingan ini …
    Popo yang super baik itu, pasti sedang senyum2, duduk disebelah Bapa di surga …

    salam buat semua keluarga yang ditinggalkan yaa … moga kekuatan yang paling super diberikan buat semua yang sedang kehilangan …

    GBU!!

  5. elsiey June 4, 2009 at 5:04 pm

    turut berduka cita ya Mei. Yang tabah. Popo udah bahagia di Surga.

  6. Ariany June 5, 2009 at 12:11 am

    Deepest condolence ya Mei…
    Gw jadi inget emak engkong dan iie gua juga… 😦

    Smoga keluarga yang ditinggalkan tabah ya…

  7. ernie June 5, 2009 at 4:31 am

    Turut berduka cita ya Mei..
    Smoga smua kerluarga tabah.. time heals..

  8. Santi June 5, 2009 at 9:31 am

    hiks….ikutan sedih lage….jd inget waktu gue keilangan nenek gue :(..hikxxxxxxx..turut berduka cita ya mei :)..ga bisa lupa mang ditinggal ma yang kita kasihi, tapi satu2nya cara paling mengalihkannya ke yang masi ada..GBU! yaa

    • ashleyprincess June 5, 2009 at 6:31 pm

      hiks.. hiks.. *sama2 sedih* iya bener bgt , sknrg gw mo lebi perhatian lagi ke nyokap-bokap, krn time goes by so fast and we’ll never know..

  9. Ellen June 5, 2009 at 10:35 am

    Turut berduka cita ya Mel, gw denger kabar baru kmrn dari Rini. Meninggalnya hari sabtu ya? Gw masih di Bali. Denger ceritanya, popo lo kayaknya asik banget ya? & bersyukur masih bisa melihat anak & cucunya hidup sukses & bahagia. Popo pasti senang & damai di surga.

    • ashleyprincess June 5, 2009 at 6:32 pm

      Thanks Len. Iya Sabtu pagi. Rini juga pasti keilangan bgt, secara popo gw yg bantuin jaga en ngawasin ke3 anaknya.. AMin, gw yakin popo udh bahagia bgt di surga..

  10. vinorange June 5, 2009 at 11:12 am

    Mei, turut berduka cita yaa…. Popo pasti udah senang, Mei, disana… udah sehat dan seger lagi…. Skarang tinggal kita yang masih disini, yang harus mencontoh segala kebaikan dan menjalankan pesan-pesannya, Mei…. GBU, Mei.

    • ashleyprincess June 5, 2009 at 6:34 pm

      Thanks Vin. Iya gw pengen kaya popo gw, asyik, always happy, tough, and disayang banyak orang..

  11. tine June 5, 2009 at 1:10 pm

    Turut berduka cita ya Mei…
    Baca crita popo loe..emang she’s a very strong woman.. salut deh…gw slalu salut kalo denger crita ttg kehidupan ortu/popo/engkong perjuangan mereka hebat2..
    and dr crita loe, she had a happy fullfilling life surrounded by families &friends that love her dearly, and pasti popo skrg sedang berbahagia jga

  12. ashleyprincess June 5, 2009 at 6:36 pm

    Thanks Tin. Iya orangtua kita emang strong, mungkin krn keadaan ya. Jd malu ni yg muda2, klo dikit2 ngeluh. Iya popo pasti seneng en udh bahagia..

Leave a Reply

