The Journey Begins

About Ashley. My Everything.

Cerita kelahiran Ashley

1 Tahun yang lalu, gw ngelahirin Ashley, via persalinan normal.. Mumpung masih fresh in mind, pengen gw tulis niy buat kenang2an..

Hari Kamis, 27 Des 2007, kehamilan Week 39+1

Pagi2 seperti biasa, gw lagi nemenin si papi breakfast. Udh seminggu itu badan gw drop bgt, karena batuk parah en ga bisa tidur bermalam2. Sempet ke dokter Dewi Gaduh di Hermina (Dokter gw , Bambang WS, lagi cuti year end), pas tgl 26 Des, mo minta di caesar aja, krn si papi kuatir bgt ama kondisi gw yg drop, takut ga bisa lahiran normal. Malah diketawain ama dokter Dewi, katanya ga ada org yang caesar gara2 batuk 🙂 Untungnya setelah dikasih obat batuk, malam itu gw bs bobo dgn nyenyak, en pagi nya gw bangun dah seger..

Back to tgl 27 Dec,

Pas lagi bikin cofeemix, tiba2 seeerrrrrrr.. berasa air mengalir di kaki gw.. Langsung gw tau, klo ketuban gw pecah. Langsung bilang ke si papi, kayanya ketuban pecah nih.. Si papi melongo, buru2 kelarin sarapan, ganti baju, en kirim sms ke kantor buat kasih kabar klo dia ga ngantor.. Kita exciting bgt krn ga sabar nunggu si baby lahir.. Gw jg ganti baju, kelarin sarapan, en kita berdua langsung berangkat ke RS Mitra keluarga kelapa Gading. Ga sampe 15 menit, sampe deh di RS. Di parkiran, air ketuban gw makin deras ngalirnya, bener2 dah basah abis deh. Lgs ke lantai 2, lapor ke suster. Diperiksa, baru bukaan 1. Krn Dokter gw lagi cuti, saat itu dokter pengganti yang available ada Dokter Boy Abidin (ganteng euy!). Jam 9 pagi, atas persetujuan kita, gw dipasang infus induksi, krn ketuban dah pecah, en proses persalinan harus dilaksanakan dlm waktu 24jam..

Setelah di induksi, mulai deh gw ngerasain yang namanya kontraksi.Sebelumnya, gw sama sekali ga tau kontraksi itu kaya apa.  Dari cerita2 yang gw baca, kontraksi krn induksi itu jauh lebih sakit daripada kontraksi alami. Sampe jam 2 siang, kontraksi gw masih tiap 5 menitan, dan masih bs gw handle rasa sakitnya. Saat diperiksa, masih bukaan 2. Gw sempet lunch dng lahap, krn tumben makanan RSnya enak 🙂

Sore jam 4an, kontraksi dah makin sering, tiap 2-3menit, dan makin sakiiit sekali.. Gw dah mulai meringis2 kesakitan, dah mulai stress, dah mulai nangis krn ga tahan.. en guess what, ternyata baru bukaan 4, en pas diukur pake alat pengukur kontraksi, kontraksi gw yang aduhai sakitnya itu baru di level 30-40 dan kata suster klo dah makin deket waktunya, bisa sampe skala 100 boo… hah? segitu aja gw dh nangis, apalagi skala 100?

Mom in law gw dtg, nyuapin gw satu sendok minyak kelapa *konon biar lancar persalinannya*. Sister in law and keluaga gw  jg dah komplit nungguin gw. Tapi krn gw dh di ruang bersalin, mereka nungguin gw luar kamar.  Gw sempet minta mereka pulang dulu, krn kasian ud nungguin gw dr pagi.

Jam 4an si papi sempet pulang sebentar buat mandi, en ga lama balik lagi. Jam 5 sore, sakitnya dah bener2 luar biasa, en air mata gw dah mengalir ga ketahan. Sumpah sakit banget. Tapi gw ga teriak2 or jerit2, karena ga mo tenaga abis. gw cuma nangis aja, sampe sekali2 mukulin si papi..hehe  Dokter Boy sempet dateng sekali buat periksa, dokternya simpatik banget, en dia bilang klo dia ada standby di bawah (krn lagi praktek), en gw ga ush kuatir.. Kontraksi dah tiap 1-2 menit dgn lama sekitar 45detik tiap kontraksi..

Jam 6sore, pas diperiksa , masih bukaan 5. Rasanya dh mau nyerah aja, tapi si papi kasih semangat terus. Gw berusaha tenang, krn gw pikir klo gw stress en tegang, makin lama lagi penderitaan gw. AKhirnya gw coba relax, tetep nangis krn ga tahan, tp bener2 berusaha meresapi en menjalani aja dgn tenang dgn harapan bukaan gw cepet lengkap.

Jam 7.15, gw mulai ngerasain mules2 kaya pengen pup. Gw panggil suster, minta ijin pup dulu.. Tapi tau2 suster yang masuk segambreng, dua orng lngs periksa dalem, dua orng lagi siap2in alat2.  Ternyata mules gw pertanda proses persalinan dah tiba. Dua org suster yg meriksa gw lalu mengkonfirm kalo bukaan gw dh lengkap, en dia langsung memanggil dokter. Dokter masuk jam 7.30, trus si papi langsung keluar en nungguin di balik pintu  karena ga kuat klo hrs nyaksiin (tapi pintu tetap terbuka en si papi seakan2 lagi live streaming krn dengerin semua suara dr dalem). Dokter pun ambil posisi en mulai kasih aba2. Tiap serangan mules dateng, gw harus ngeden sekuat2nya. Ternyata ga gampang loh. ngeden aja susah, krn gw dah ga punya tenaga. Alhasil, proses persalinan jadi lama.. Gw dah ga berasa apa2, digunting pun ga berasa walaupun kedengeran bunyi kres guntingnya.  Tapi gw bener2 lemes en ga kuat ngeden. Seorang suster ikut naik diatas ranjang gw, ambil posisi di atas kepala gw en ikutan mendorong2 perut gw spy si baby keluar. Dokter anak yang udh dateng jg ikutan megangin kaki gw en maksa gw spy ngeden lebih kuat. Suasana rame bgt, krn smua suster ikut berteriak2 ngasih semangat.

Saat itu kayanya gw dh ga kuat lagi, dh bener2 ga berdaya. Gw rasanya dah bener2 nyerah, trus gw denger dokter bilang: “ayo bu, usaha lagi, kasian nih dedenya, udh mau keluar.. udh terlalu lama nih bu, kalo masih blum bisa, nanti terpaksa di vacuum”  Denger kata vacuum gw langsung panik. “Aduh dokter, jangan di vacuum ya, anak saya perempuan, nanti kesian jadi peyang..”   Dokter bilang : ” kalo gitu ayo ibu usaha lagi..”  Gw langsung tarik nafas, en minta kekuatan Tuhan..   “Yesus, pls help me, sekali lagi kasih saya kekuatan..”   and with that magic words, I’ve got the strength, with one last push, my baby came out… Haleluya, Praise Lord..Thanks Jesus… It was 20.11 pm, Ashley Faith Nathanie born into this world, with 3.260kgs and 50cm.. Semua rasa sakit, ilang dalam sekejap, bener2 ga bersisa. Lega banget rasanya.

Ashley sempet ditaro didada gw untuk inisiasi dini, tapi gak lama, karena akibat persalinan yang terlalu lama, paru2 Ashley kemasukan cairan, dan akibatnya harus dirawat di unit intensive care selama beberapa hari. Hiks, maafin mommy ya sayang..  Lucunya, gw sempet terpana liat penampakan muka Ashley yang “bonyok2” hahahaha, krn akibat terlalu lama di jalan lahir en terjepit, muka ashley jd aneh 🙂 

Klo ditanya, melahirkan itu sakit ato engga, sebenernya sih proses melahirkannya ga sakit, krn cuman ngeden aja. Tapi kontraksi nya itu, ampun2 deh sakitnya..

Skrng sih gw dah lupa sama semua sakitnya walaupun sempet kapok lahiran normal krn 1 minggu  pasca persalinan, jaitan gw sempet infeksi en bernanah sehingga harus dipecahin en dibersihin smua nanahnya, en gw ga dikasih penahan sakit apapun! , en 1 bulan kmdn  saluran kencing juga sempet infeksi, en sakitnya ampun2an lagi, badan meriang panas dingin.

Jadi  kalo nanti gw dikasih kesempatan buat anak ke 2, off course I don’t mind doing it all over again (tapi kali ini pake epidural kali yee, biar ga berasa sakit kontraksinya..hehe) Krn smua rasa sakit itu worth it bgt, dgn kehadiran Ashley, kelucuannya, and all the miracle that she brings to our life.

so buat ibu2 yang mo lahiran normal, selama ga ada masalah berarti dan kondisinya memungkinkan, don’t worry be happy, you can do it.  Yes of course it is painful-more than you can imagine-, but you’ll be fine, and that beautiful amazing experince will remain in your memory till last..

Advertisements

11 responses to “Cerita kelahiran Ashley

  1. vinorange January 5, 2009 at 11:25 pm

    Mel, indah banget yaa… apalagi saat tatapan sama Ashley yaa… terharu, Mel… 🙂 selamat yaa udah bisa jadi Mom 🙂

  2. mellz January 6, 2009 at 11:23 am

    say.. baru baca cerita kelahiran lo.. hebat banget lo induksi and tetep bisa normal.. huhuh.. gue uda induksi akhirnya gak kuat sesar.. gua da 6 jam cuma bukaan 1.5 :((

    hebat.. hebat beneran say.. salut gue..

  3. ernie January 7, 2009 at 3:10 pm

    waaa..seru bgt mei..jd terharu.. g ga tau seh sakitnya normal kyk apa,tp kl menurut g,di sesar tuh ga enak.. abis lahiran senut2,mandi ribet,g alergi plestes..gatel2..ah,repotnya.. kekeke. Bener kt lu..kalo khamilan nya normal,sehat dan ga ada kasus srius,mendingan normal ya.. lbh cpt pulih..

  4. ernie January 7, 2009 at 3:51 pm

    #mellz : hai mellz,salam kenal.. hueh?? 6jam cm bukaan 1,5?? jadi mules gua *glek glek*

  5. shanni January 8, 2009 at 12:12 am

    wah emang perjuangan jadi ibu itu hebatnya ga bisa diungkapin ya… no pain no gain ya Mei…

    gw jg pengen nih ngerasain lahiran normal, mudah2an kalo Tuhan masih percaya sama gw untuk nitipin anak lagi gw bisa lahiran normal nanti hehehe 😀

  6. Felicia January 9, 2009 at 12:10 am

    wah mel..dokter kita samaan neh dr bambang tp gw di hermina podomoro hehehe rata2 ibu2 blog kl gw perhatiin pasti kalo gak pake dokter bambang, dr andrew (di hermina) atau dr tjien rony (di family)

    gw bacanya sampe terharu hehehe, soalnya gw di caesar (sungsang) cuman sempet ngerasain braxton hils sampe di CTG hehehe dan jadwal caesar pun maju takut ketuban pecah duluan..gw juga nulis proses lahiran clarissa di blog tapi udah lama banget..awal2 ngeblog gitu degh..

  7. ashleyprincess January 9, 2009 at 10:02 am

    @ Vin,
    thanks ya, mdh2an sbntr lagi lu bs ngerasain juga ya

    @mellz,
    hehe tau ga dulu gw suka baca cerita lahiran lu en induksinya itu, en gw sempet stress kalo inget pengalaman lu.. untungnya berhasil juga..

    @ernie,
    gw malah takut di caesar, ngebayangin perut bakal di belek, jari gw keiris pisau aja gw bs nangis bombay 🙂

    @shanni,
    serius lu mo normal? soalnya klo lu ada resiko krn minus mata kan..

    @Felicia,
    iya nih dokter kita sama, tp emg sih bambang ws oke bgt, sabar ya.. gw ga tahan hermina podomoro, rameee bgt..

  8. Ellen January 16, 2009 at 4:48 pm

    Mae, sampe berkaca2 gw baca cerita kelahiran Ashley. Kalo gw bilang rasanya melahirkan itu bukan sakit tapi “nikmat”, terbayar lunas semua sakit yang kita rasakan. Happy Bday to Ashley ya, semoga menjadi anak yang cantik, pintar & selalu takut akan Tuhan.. GBU

  9. Regie January 19, 2009 at 10:26 am

    Wah, Mel… dahsyat ya perjuangan seorang ibu. Tapi terbayar lunas semua begitu liat “a beautiful angel” is coming. Happy Bday to Ashley ya…

    Semoga tambah pinter, makin cantik & sehat selalu.. AMIN…

  10. ashleyprincess February 6, 2009 at 9:34 am

    @ellen,
    thanks len…gw jg kan dulu smpt tny2 elu soal lahiran normal krn lu dh duluan ngalamin..thanks God bisa juga ya..:)

  11. limmy mama radhika-rania September 6, 2013 at 2:39 pm

    lagi baca blog lu dari awal.
    ternyata sama2 lahiran di rs mitra keluarga kelapa gading.
    gw lahirin 2 anak gw dihandle sama dr boy juga. emang ganteng ya. tinggi gede gitu. maklum bekas abang jakarte. hehe

    emang sakitnya kontraksi tuh cihuy yah…tiada duanya deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: